Tuesday 6 November 2007

Wheladalah...Kang Kungker.. martabatbangsaku dimana....?

Sedulur2ku kabeh sing tak tresnani..nang bumi endi baen....Pokoke aja dadi penggalih tulisan kiyeh kur kanggo adem2 pikiran lan ati sing lagi bae ngalami gumun, getun, eram, kaget, shock apa mbuh istilahe....pokoke ora ana ukara nggo nggabarna kedadean sing miturut nyong jan ora tinemu ngakal. Lha ana wong sing gede2 drajate dhuwur2 pangkate dadi wong penting utawa dadi pejabat punggawaning praja sing desubya subya nang kantore utawa nang daerahe....pada dewedeni anak buahe ...pada desunggi sunggi nang bawahane...mbasan klayaban maring manca negara koh kaya bocah cilik sing urung tau mambu sekolahan... Sakarepe dewek ora nganggo adab sesrawungan sing lumrah....Apamaning srawung karo wong lan lembaga sejen bangsa sejen budaya lan sejen negara. sing kudune ngerti tata krama lan etika sing nggambarna martabat lan kehormatan diri lan bangsane dewek....Lha jere kepengin kungker2 lan stuba2 kaya crita wingenane...wis njaluk detulungi kon nggoletna lembaga sing arep detuju...wis degawekna janji utawa kesepakatan kunjungan...wis dewenehi foto kopi surat resmine...wis nggah..nggih..setuju lan siap...wis deomongi langsung pas ketemuan...lha pas tekan nggon2ne...lha koh pada ora teka..ora ana kontak lan ora ngabari....


Lha kaya ngapa rasa wirang, bingung, gelisah lan isin ora karuan..soale lembaga sing arep detuju wis siap2 sakabehe merga kepengin ngormati tamu2 penting minangka nyambung kamitran utamwa kalembagan.....Enggane pada ora mblenjani....ora pada cidra...wah pokoke manfangate gede banget awit lembaga mau seneng banget menawa ana pihak sing gelem nyambung kamitran....apamaning siki nang Ngindonesia lagi degalakna sekolah sekolah bertaraf Internasional sing pancen deamanahna nang Undang Undang Pendidikan. Crita lengkape nganggo bahasa Ngindonesia baen yah......


Dengan segala kerendahan hati dan ketulusan perkenankanlah kami menyampaikan laporan singkat kunjungan rombongan Pejabat Depdiknas Pusat dan Propinsi ( 12 orang ) ke Sekolah Indonesia Nederland ( SIN ) dan Sekolah2 Internasional serta Lokal di Den Haag Belanda.

1. Bahwa rombongan telah berkunjung ke SIN dan beramah tamah dengan kami dengan sangat baik dan kekeluargaan hari Kamis tanggal 1 November antara jam 2 sore sampai jam 4 sore.

2. Sesuai dengan permintaan rombongan baik langsung, lewat perantara travel agent ke pihak SIN maupun lewat KBRI Den Haag, kami diminta untuk mencarikan sekolah Internasional dan lokal yang dapat dikunjungi oleh rombongan untuk study banding. Ditengah tengah kesibukan kami, sebagai wujud kekompakan, kekeluargaan, kehormatan dan niat yang tulus untuk membantu dan mempermudah urusan demi kepentingan dan keberhasilan sesama saudara sebangsa setanah air, kami berhasil mencari dan menghubungi sekolah2 dimaksud baik melalui telepon maupun emails ( email-email terlampir/ forward ).

3. Singkat cerita, Beliau2 rombongan sudah dikonfirmasi/ sudah acc. baik lesan ( saat bertemu di SIN ) maupun dengan copy2 email2/surat persetujuan/kesepakatan kunjungan ke salah satu sekolah internasional di Den Haag sebagai bukti hitam diatas putih bahwa rombongan akan diterima di American School of The Hague hari Senin 5 November jam 10 pagi sampai selesai ( email terforward ). Rombongan tampaknya juga sudah menghubungi sekolah tersebut lewat telepon dan fax terbukti pihak sekolah America sudah memeroleh daftar nama pejabat yang akan berkunjung dan beberapa anggota rombongan juga sudah mendapatkan jadwal pertemuan dengan beberapa pejabat sekolah tersebut. Rombongan malah meminta kami untuk menemani/mendampingi kunjungan ke sekolah tersebut.

4. Tetapi pada hari H ( Senin tanggal 5 November 2007 ) sesuai dengan jadwal dan jam yang ditentukan...rombongan tidak hadir/ tidak jadi berkunjung ke sekolah Amerika tersebut ( kami dengan seorang guru sudah menunggu sebelum jam 10 )..padahal pihak sekolah Amerika sudah menyiapkan penyambutan khusus, baik akomodasi, sampel2 dokumen2/ brosur2 yang sudah disiapkan dalam map2 rapi, maupun personel yang akan melayani dan memandu kunjungan tersebut..karena pihak sekolah tersebut juga sangat menghormati/menghargai kita mengingat dalam daftar rombongan yang mereka dapatkan adalah pejabat2 pedidikan penting di Indonesia...

5. Akhirnya dengan tata krama, keramahtamahan dan kekeluargaan kami menyampaikan permohonan ma'af yang tulus kepada pihak sekolah amerika tersebut atas ketidaknyamanan/ ketidaktepatan jadwal tersebut dan kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas penyambutan yang hangat dan penuh persaudaraan. Kami akhirnya juga dianggap telah mewakili pihak rombongan Indonesia...diajak berkeliling sesuai rencana, ditunjukan dan dipandu dengan sangat ramah ke seluruh gedung, fasilitas dan aktivitas denyut nadi sekolah tersebut ( kami dokumentasikan )....serta brosur2/bahan2 tertulis yang sudah disiapkan rapi dalam map beserta kartu2 nama pejabat terkait sekolah yang bisa dihubungi untuk tindak lanjut diserahkan secara simbolis kepada kami untuk dapat serahkan kepada Pejabat2 Depdiknas RI Pusat/Propinsi dimaksud.

6. Kami, dengan sopan santun keramahtamahan dan keluwesan, akhirnya juga membatalkan janji kunjungan ke sekolah lokal Belanda yaitu Voorvlinder School di jalan Diamanthorst Mariahoeve Den Haag yang sudah kami buat untuk hari dan tanggal yang sama...yang rencananya dilakukan setelah kunjungan ke Sekolah Internasional Amerika yaitu untuk jam 1 siang, sesuai dengan permintaan rombongan untuk memeproleh gambaran perbandingan yang lengkap antara sekolah Internasional dan Lokal di Belanda.
Demikian laporan ini kami buat dengan sebenarnya, apabila ada kekurangan/ kehilafan kami mohon ma'af yang sbesar besarnya. Atas perhatian dan perkenannya kami haturkan terima kasih.

Den Haag, 05 Nov. 2007

1 comment:

bigbang said...

Hmm.. ikut prihatin pak.. Emang pejabat kita suka aneh2.. Saya rasa sih mereka mendadak berubah pikiran dan lebih baik shopping, hehe..

Oya, kalo boleh sedikit komentar, kok blognya colorful sekali ya? Sangat2 eye-catching, hehe. Tapi sayang ada beberapa postingan yang susah dibaca karena kombinasi warnanya terlalu terang. But it's your blog anyway, hehe.

PS: Indonesia sedang heboh kabar mbah Suharto yang sakit kritis. Banyak beredar sms supaya mendoakan beliau. Banyak yang bingung, didoakan supaya cepet sembuh atau supaya cepet meninggal? hehe just kidding